"الله جميل يحبّ الجمال"

Allah Itu Indah, Mencintai Keindahan

Rabu, 01 Juli 2009

THALES

THALES


Thales (624-546 SM),orang miletus itu,di gelari bapak filsafat karena dialah orang yang mula-mula berfilsafat.gelar itu di berikan karena mengajukan pertanyaan yang amat mendasar,yang jarang di perhatikan orang,juga orang zaman sekarang:what is the nature of the world stuff? (mayer,1950:18)Apa sebenarnya bahan alam semista ini? tak pelak lagi,pertanyaan ini amat mendasar.terlepas dari apapun jawabannya,pertanyaan ini saja sudah dapat mengangkat namanya menjadi filosof pertama.ia sendiri menjawab air.jawaban ini sebenarna amat sederhana dan belum tuntas.karena dari apa air itu?Thales mengambil air sebagai asal alam saemesta barang kali karena ia melihatnya saebagai sesuatu yang amat di perlukan dalam kehidupan,dan menurut pendapatnya bumi ini terapung di atas air (mayer,1950:18)

Lihatlah,jawabannya sangat sederhana;pertanyaanya jauh lebih berbobot ketimbang jawabannya.masih adakah orang yang beranggapan bahwa pertanyaan itu tidak penting?Thales menjadi filosof karena ia bertanya.pertanyaan itu jawabanya dengan menggunakan akal,bukanmenggunakan agma atau menggunakan kepercaan lainnya.alasanya ialah karena air penting bagi kehidupan.di sini akal mulai di gunakan lepas dari keyakinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon ... klo udah baca posting kami, jangan lupaaaaaaaaaaaa kasi komentar yaaa .... n saran konstruktif ....................


thanks yaa atas komentar kaliaaannnnnnnnnnnnnnn !!!!!