"الله جميل يحبّ الجمال"

Allah Itu Indah, Mencintai Keindahan

Rabu, 01 Juli 2009

PENGERTIAN, RUANG LINGKUP DAN KEGUNAAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

PENGERTIAN, RUANG LINGKUP DAN KEGUNAAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM


A. Pengertian Filsafat Pendidikan Islam

Secara harfiah, kata filsafat berasal dari kata philo yang berarti cinta, dan kata sophos yang berarti cinta terhadap ilmu atau hikmah.

Teori lain mengatakan bahwa filsafat berasal dari kata Arab filsafah yang berasal dari bahasa yunani, philosephia ; philos berarti cinta (loving), dan sophia berarti pengetahuan, hikmah, (wesdom). Jadi philosophia berarti cinta kepada kebijaksanaan, atau cinta kepada kebenaran.

Pengertian filsafat dari segi kebahasaan atau semantik adalah cinta terhadap pengetahuan atau kebijaksanaan, dengan demikian filsafat adalah suatu kegiatan yang menempatkan pengetahuan atau kebijaksanaan sebagai sasaran utama.

Menurut istilah (pengertian secara praktis) adalah filsafat berarti alam pikiran atau alam berpikir. Berfilsafat adalah berpikir, namun, tidak semua berpikir berarti filsafat, berfilsafat adalah berpikir mendalam dan sungguh-sunggu.

Menurut Sidi Gazalba :

Filsafat adalah berpikir secara mendalam, sistematis, radikal, universal dalam rangka mencari kebenaran.

Filsafat mempunyai tiga ciri pokok :

Ø Pertama, adanya unsur berpikir yang dalam hal ini menggunakan akal.

Ø Kedua, adanya tujuan yang ingin dicapai melalui berpikir tersebut, yaitu hakekat atau inti mengenai sesuatu.

Ø Ketiga, adanya unsur ciri yang terdapat dalam berpikir tersebut, yaitu mendalam.

B. Ruang Lingkup Pendidikan Islam

Menurut Muzayyin Arifin

Ruang lingkup filsafat pendidikan islam adalah masalah-masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan, seperti msalah tujuan pendidikan, masalah guru, kurikulum, metode dan lingkungan.

Secara umum ruang lingkup pembahasan filsafat pendidikan islam ini adalah pemikiran yang serba mendalam, mendasar, sistematis, terpadu, menyeluruh, dan universal mengenai konsep-konsep yang berkaitan dengan pendidikan atas dasar ajaran islam.

C. Kegunaan Filsafat Pendidikan Islam

Manurut Ahmad D. Marimba

Filsafat pendidikan dapat menjadi pegangan pelaksanaan pendidikan yang menghasilkan generasi-generasi baru yang berkepribadian muslim.

Memberi petunjuk bahwa filsafat pendidikan islam selain menjadi acuan bagi pendidikan dalam menghasilkan generasi yang islami.

D. Metode Pengembangan Pendidikan Islam

Ø Pertama, bahan-bahan yang akan digunakan untuk pengembangan filsafat pendidikan, misalnya dapat berupa bahan tertulis yaitu : Al-Qur’an dan hadits yang disertai pendapat para ulama serta para filosof dan lainnya.

Ø Kedua, metode pencarian bahan, untuk mencari bahan-bahan yang bersifat tertulis dapat dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan.

Ø Ketiga, Metode pembahasan, metode analistis sintesis yaitu suatu metode yang berdasarkan pendekatan rasional dan logis terhadap sasaran pemikiran secara deduktif, induktif dan analisa ilmiah.

Ø Keempat, pendekatan dalam hubungan dengan pembahasan tersebut diatas harus pula dijelaskan pendekatan yang akan digunakan untuk membahas tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon ... klo udah baca posting kami, jangan lupaaaaaaaaaaaa kasi komentar yaaa .... n saran konstruktif ....................


thanks yaa atas komentar kaliaaannnnnnnnnnnnnnn !!!!!