"الله جميل يحبّ الجمال"

Allah Itu Indah, Mencintai Keindahan

Kamis, 18 Juni 2009

SAINS DI DUNIA ISLAM


SAINS DI DUNIA ISLAM

Bahwa kemajuan sains dan teknologi di dunia barat (Eropa dan Amerika) sejak beberapa abad terakhir ini di sebabkan adanya paham sekularisme dan gerakan sekularisasi yang kemudian disebut zaman kegelapan, seolah oleha kasus yang sama terjadi di dunia islam seolah-olah sains juga mengalami nasib yang sama malangnya dalam sejarah keilmuan islam.
Kemunduran sains di dunia islam disebabkan oktodoksi, bahwa kebangkitan dan kemajuan sains di dunia islam hanya terdapat terwujud jika kaum muslimin mau mengikuti dan meniru bangsa barat, yakni dengan menganut sekularisme dan sekularisasi.

A. Kemajuan Sains Dalam Sejarah Islam

 Munculnnya dan berkembangan sains di dunia islam tidak dapat di pisahkan dari sejarah ekspansi islam itu terdiri. Dalam tempo lebih kurang 25 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad saw, kaum muslimin telah berhasil menaklukkan seluruh jazirah arabia dari selatan hingga utara.
 Kemunculan sains di dunia islam dan eropa barat memang ada masa pemindahan, namun namun ada juga masa pengujuran, pencernaan, dan penyerapan, yang berarti penolakan 
 Pakar sejarah sains dari Universitas Harvad, Profesor Abdul hamid sabra menyebytkan ada tiga fase tahap islamisasi sains :
a. fase peralihan atau vakuisasi, dimana sains yunani memasuki wilayah peradaban islam bukan sebagai penjajah, melainkan sebagai tamu yang di undang.
b. Fase penerimaan atau adopsi, di mana tuan rumah mulai mengambil dan menikmati oleh-oleh yang dibawa ang tamu.
c. Fase asimilasi dan naturalisasi, pada tahap ini tuan rumah bukan sekedar menerima dan menikmati, tetapi juga mampu meramu dan memasak, menciptakan menu baru.
 Ada tiga faktor yang mendorong kemajuan sains di dunia islam antara lain:
a. kemurnian dan keteguhan dalam mengimani, memahami, dan mengamalkan ajaran islam
b. adanya motivasi agama sebagaimana kita ketahui, kitab suci Al-Qur’an berisi ajaran untuk menuntut ilmu, peintah membaca, eksplorasi, dan ekspedisi, dan berfikir ilmiah rasional
c. faktor sosial politik. Berkembangnya kebudayaan ilmu dan tradisi ilmiah pada masa itu, terutama kondisi masyarakat islam meskipun terdiri dari bermacam-macam etnis, namun berhasil di ikut oleh akidah islam.

B. Di Balik Kemunduran Sains Di Dunia Islam

 Toby E. Huff. Mengatakan faktor-faktor penyebab kemunduran dan kematian sains di dunia islam dapat di kelompokkan menjadi dua (internal) dan (eksternal)
 David C. lind berg menyebutkan ada tiga faktor atas kemunduran sains di dunia islam : 
a. Oposisi kaum konservatif 
b. Krisis ekonomi dan politik serta,
c. Keterasingan dab keterpinggiran
 Profesor sabra mengatakan, kemunduran merupakan fase ke empat dari proses yang disebutkan sebagai “appropriasasi” itu. Aktifitas saintifik mengalami reduksi karena lebih di arahkan untuk memenuhi kebutuhan praktis. Sains menyempit wilayah dan peronanya menjadi sekedar pelayan agama.




C. Pada Puncak Kemajuan Dan Kemakmurannya, Banyak Sekali Di Antara Mereka Yang Secara Diam-Diam Telah Murtad Dan Kufur Terhadap Ajaran Islam.

 Banyak sekali diantara mereka yang secara diam-diam telah mutad dan kufur terhadap ajaran islam. Trend yang berlaku saat itu adalah (free-thinking) atau leberalisme. Banyak sekali di antara mereka yang munafik dan zindiq, mereka yang ‘publicly’ muslim tetapi ‘privately’ menganut ajaran mani.
 Para saintis saat itu banyak yang bekerja sendiri di laboratorium milik pribadinya, meskipun di sponsori dan di lindungi dan tidak ada lembaga khusus yang manampung mereka. Kesimpulan ini sangat problematik.
a. Karena mencerminkan generalisasi yang tergesah-gesah
b. Karena institutionalisasi tidak selalu berdampak positif tetapi juga berakibat sebaliknya
 Seiring dengan kemajuan peradaban islam, muncul berbagai gerakan moral spritual yang di pelopori oleh kaum sufi. Intinya adalah penyucian jiwa dan pembinaan diri secara lebih intensife dan terencana.

D. KOMENTAR

Dalam anggapan ini ada beberapa pebedaan yang sangat kontroversial sekali antara kemajuan dan kemunduran sains dalam sejarah islam :
Faktor -faktor yang mendorong kemajuan sains di dunia islam :
a. Kemurnian dan keteguhan dalam memahami dan mengamalkan ajaran islam 
b. Adanya motivasi agama 
c. Faktor sosial politik
DAN ulasan di atas ada beberapa faktor yang sangat kontroversial sekali dari sebab runtuhnya sains di dunia islam. Dalam bukunya, Dr. Badri yatim M.A. sejarah peradaban islam.



Faktor penyebab runtuhnya sains di dunia islam :
a. Persaingan antar agama 
b. Kemerosotan ekonomi
c. Konflik agama
d. Ancaman dari luar

E. KRITIK

Dalam rentang waktu yang cukup singkat, al-hamdulillah kami bisa menyelesaikan tugas ini dengan waktu yang cukup signifikan akhirnya dalam beb pembahasan ini, dengan adanya masukan atau kritik yang konstrukti. Penulis beharap mudah-mudahan ada semacam kaca perbandingan di masa yang akan datang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon ... klo udah baca posting kami, jangan lupaaaaaaaaaaaa kasi komentar yaaa .... n saran konstruktif ....................


thanks yaa atas komentar kaliaaannnnnnnnnnnnnnn !!!!!