"الله جميل يحبّ الجمال"

Allah Itu Indah, Mencintai Keindahan

Selasa, 30 Juni 2009

Budaya Tingkepan dan Kepercayaan Masyarakat

BUDAYA ISLAM DALAM KONTEKS GLOBAL

MAKALAH

disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “Pengantar Antropologi” yang dibina oleh Bapak. Fatihul Mujib

SEKOAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PAMEKASAN

JURUSAN TARBIYAH

PROGRAM STUDY PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

JUNI 2009

RESENSI BUDAYA

Judul

Budaya Tingkepan dan Kepercayaan Masyarakat

Penulis : AMIK J

Penerbit : ACTIVITA

Edisi : XXVI/2008

Perensi : Kamilah

Nim : 210 611 103

Tingkepan merupakan budaya yang masih eksis saat ini yang kita kenal dengan ritual tujuh bulanan atau pelet kandung. Yang didalamnya ada berbagai macam prosesi ritual, mulai dari pembcaan al-qur’an, mandi kembang, pembelahan kelapa yang menandakan jenis kelamin bayi, pemecahan telur dan lain sebagainya. Upacara ritual ini mempunyai makna filosofis yaitu agar kelahiran bayi tidak banyak mengalami hambatan dan menjadi anak yag shaleh dan berbudi pekerti yang baik.

Sebenarnya kalau kita lihat prosesi ritual tingkepan ini ada semacam pengakulturasian budaya antara budaya islam yang memang sengaja disisihkan seperti pembacaan al-qur’an dan budaya nono muslim seperti pemecahan telur yang menurut islam hal ini adalah bentuk daripada mubadzir hal ini menjadi kelemahan dari ritual tingkepan ini. Disamping itu kalau dilihat dari aspek budaya ritual ini menjadi kelebihan atau keunggulan dari budaya tingkepan karena tradisi ini harus dilestarikan disamping itu merupakan aset pembendaharaan kebudayaan nasional.

Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai mengarifi akulturasi budaya dengan filterisasi budaya yang masuk pada budaya lokal (islam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon ... klo udah baca posting kami, jangan lupaaaaaaaaaaaa kasi komentar yaaa .... n saran konstruktif ....................


thanks yaa atas komentar kaliaaannnnnnnnnnnnnnn !!!!!